Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Percakapan Bahasa Bali 5 Orang


Percakapan Bahasa Bali 5 Orang

Contoh percakapan 5 orang bahasa bali alus

Daftar Isi

1. Contoh percakapan 5 orang bahasa bali alus


apik ,indah ,dan mudah dimengerti

2. Contoh percakapan dalam bahasa bali , dengan 5 orang anggota.


Bapa                :  “Tu, mai aba embere, ne suba liu bakat leluu di gote, dadi suba kisidang.Putu                 :   ” Dija kutang pa?, leluune misi tanah muah misi plastik?”Meme             : “ Nah mai malu aba,dini dugdugan, meme ngajak kadek lakar milah-milah,Leluu plastiK teken leluu don-donan”.Kadek             : “Apang kenken buin pilihin me?”Meme              : Leluu don-donan ane tuh dadi tunjel, yening depin ia lakar berek padidi   lan bisa macampur teken tanah. Yen  plastic patut tunjel apang tusing ngusak lingkunganBapa                : “ Nah, yen di gote liu misi leluu kanti sampatan, yeh limbahe tusing lancar. Apa buin di masan ujan sinah yeh gote meliah ka jalan lan nganayang banjir”Meme             : jani enggalang magae apang gote kedas, apang tusing enggalan ujan teka.  Ingetang kutang leluune di tongosne. Palasang leluu organik muah anorganik”.Putu                 : “apa leluu organic muah anorganik to me?’Meme             : leluu ane uli entik-entikan muah don-donan madan leluu organic dadi tunjel tur bisa masi berek padidiBapa                : yen leluu anorganik tuah soroh leluu plastik, kaleng tusing nyidang berek”.Putu     : “ ooo…………., keto? Mara tiang nawang”

3. Percakapan bahasa bali alus untuk 5 orang


ini, Maaf y kalau salah

4. contoh percakapan bahasa bali 5 orang dengan judul karmapala


rttggytttygyyyyyhvg gg gcf

5. percakapan bahasa bali yentang kebersihan 5 orang cepat di jawab ya


Sabrinaaamarisyah Pakar Bapa                :  “Tu, mai aba embere, ne suba liu bakat leluu di gote, dadi suba kisidang.Putu                 :   ” Dija kutang pa?, leluune misi tanah muah misi plastik?”Meme             : “ Nah mai malu aba,dini dugdugan, meme ngajak kadek lakar milah-milah,Leluu plastiK teken leluu don-donan”.Kadek             : “Apang kenken buin pilihin me?”Meme              : Leluu don-donan ane tuh dadi tunjel, yening depin ia lakar berek padidi   lan bisa macampur teken tanah. Yen  plastic patut tunjel apang tusing ngusak lingkunganBapa                : “ Nah, yen di gote liu misi leluu kanti sampatan, yeh limbahe tusing lancar. Apa buin di masan ujan sinah yeh gote meliah ka jalan lan nganayang banjir”Meme             : jani enggalang magae apang gote kedas, apang tusing enggalan ujan teka.  Ingetang kutang leluune di tongosne. Palasang leluu organik muah anorganik”.Putu                 : “apa leluu organic muah anorganik to me?’Meme             : leluu ane uli entik-entikan muah don-donan madan leluu organic dadi tunjel tur bisa masi berek padidiBapa                : yen leluu anorganik tuah soroh leluu plastik, kaleng tusing nyidang berek”.Putu     : “ ooo…………., keto? Mara tiang nawang”

6. Jawab Pertanyaan dibawah ini dengan benar dan tepat !1. Tulislah ide pokok paragraf berikut !         Ada cara untuk mengetahui keadaan cairan di tubuh kita. Caranya dengan melihat warna urine kita. Jika urinenya berwarna kuning pekat, itu tandanya kekurangan cairan. Namun, jika warna urine kita putih, itu tandanya cairan dalam tubuh kita sudah cukup.2. Tulis ulang dan lengkapi pantun berikut dengan larik yang tepat!Anak burung belajar terbang........Agar selamat di dunia akhirat3. Perbaiki kalimat-kalimat berikut dengan ejaan yang tepat!a. ibu membeli aneka kue jajanan pasar serabi lemper dan klepon di pasar legib. orang keturunan bangsa inggris yang sedang membeli kunci inggris di toko inggris itu ternyata tidak bisa bahasa inggris. 4. Buatlah percakapan singkat dengan tema “Keindahan Alam Indonesia”!5. Buatlah sebuah paragraf deskripsi dengan tema “Lingkungan Sekolah”.6. Bacalah penggalan cerita ini secara cermat!Setelah lari dari sawah, Rubah terjebak di lubang yang dalam ketika sedang mengejar Kelinci di hutan. Berkali-kali ia mencoba memanjat dinding lubang untuk keluar tetapi selalu gagal. Tiba-tiba ada Kambing Tua yang pergi ke sungai melongok ke dalam lubang. Si Rubah berjanji akan memberi hadiah jika si Kambing Tua mau menolong. Si Kambing Tua itu masuk ke dalam lubang. Tak lama kemudian si Rubah berhasil melompat dari punggung si Kambing Tua dan berhasil keluar. Setelah keluar, si Rubah lantas lari meninggalkan si Kambing Tua. Namun, tak lama kemudian si Rubah terperosok ke dalam lubang lain yang lebih dalam.Setelah membaca penggalan cerita di atas, tentukan:a. Watak setiap tokohb. Amanat cerita7. Bacalah dua paragraf berikut!Teks IPada tahun 2011, Jepang dilanda gempa kuat yang diikuti tsunami. Beberapa hari sebelum gempa, ada puluhan ikan oar yang terdampar. Ikan oar adalah hewan laut dalam yang jarang sekali terlihat. Ikan oar yang terdampar pun dianggap sebagai tanda gempa akan datang.Teks IIKaryawan di gedung-gedung tinggi di Jakarta berhamburan keluar setelah merasakan gempa dengan getaran yang kuat. Gempa yang bermagnitudo 6,1 itu ternyata berpusat di Lebak, Banten. Gempat terjadi pada hari Selasa (23/1/2018) siang. Jarak Banten ke Jakarta cukup jauh, kurang lebih 140 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 4 jam, tetapi getaran sampai di Jakarta.Tentukan persamaan dan perbedaan dua teks di atas !8. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!a. Ia langsung menuju ke perpustakaan.b. Bel tanda istirahat berbunyi, Dika bergegas keluar kelas.c. Sambil mencari buku, Dika teringat kalau ternyata dia belum mengumpulkan tugasnya.d. Sampai di perpustakaan, Dika mencari buku yang ingin dibacanya.Susunlah kalimat-kalimat di atas menjadi paragraf yang utuh dan padu !9. Tulis ulang kalimat berikut dengan ejaan yang benar!a. orang dari suku jawa itu pandai bahasa arabb. ayah membeli sapi di pulau bali10. Buatlah paragraf deduktif dengan tema “Makhluk Hidup” !​


Jawaban:ini nama pelajaran nya apa biar saya liat di koleksi buku saya... ok kali aja jawaban saya nanti benar

7. percakapan bahasa bali 5 orang singkat pliss jawab secepatnya


kude niki pak (berapa harganya)
telung tali (3 ribu)
dados kuang bedik (boleh kurang dikit)
siu pak nggih ( seribu ya pak)
nggih dados ampun ( ya boleh deh)

8. 1. Bahasa daerah yang ada di pulau jawa adalah.... a. Bali,sasak,abui,dan adang b. Alune,amahai,ambelau,dan aputai c. Sunda,betawi,kawi,dan tengger d. Kayagar,kimaan,kendat,dan inanwatan 2. Alasan utama kepunahan bahasa daerah di indonesia adalah.... a. Urbanisasi b. Perkawinan anteretnis c. Tidak ada lagi orang yang menggunakannya dalam percakapan d. Penggunaan bahasa tertentu dalam pendidikan 3. Sesuatu yang ingin disampaikan dari sebuah bacaan adalah.... a. Informasi b. Perintah c. Berita d. Larangan 4. Bahasa yang digunakan masing-masing daerah dinamakan.... a. Bahasa gaul b. Bahasa daerah c. Bahasa isyarat d. Bahasa nasional 5. Bahasa daerah harus kita lestarikan agar.... a. Tidak punah b. Dapat dihafalkan c. Tidak diambil negara lain d. Menjadi bahasa internasional Bantu jawab plsss jangan ngasal


Jawaban:

1.C

2.C

3.A

4.B

5.A

Penjelasan:

Maaf kalau salah^^

SemogaMembantu:)

Jawaban:

3. a informasi

4. b bahasa daerah

5. d. menjadi bahasa internasional

Penjelasan:

baru itu aja yg saya bisa jawab maaf yah kalo salah .


9. contoh percakapan bahasa bali dngan 5 orang anggota...


Bapa                :  “Tu, mai aba embere, ne suba liu bakat leluu di gote, dadi suba kisidang.Putu                 :   ” Dija kutang pa?, leluune misi tanah muah misi plastik?”Meme             : “ Nah mai malu aba,dini dugdugan, meme ngajak kadek lakar milah-milah,Leluu plastiK teken leluu don-donan”.Kadek             : “Apang kenken buin pilihin me?”Meme              : Leluu don-donan ane tuh dadi tunjel, yening depin ia lakar berek padidi   lan bisa macampur teken tanah. Yen  plastic patut tunjel apang tusing ngusak lingkunganBapa                : “ Nah, yen di gote liu misi leluu kanti sampatan, yeh limbahe tusing lancar. Apa buin di masan ujan sinah yeh gote meliah ka jalan lan nganayang banjir”Meme             : jani enggalang magae apang gote kedas, apang tusing enggalan ujan teka.  Ingetang kutang leluune di tongosne. Palasang leluu organik muah anorganik”.Putu                 : “apa leluu organic muah anorganik to me?’Meme             : leluu ane uli entik-entikan muah don-donan madan leluu organic dadi tunjel tur bisa masi berek padidiBapa                : yen leluu anorganik tuah soroh leluu plastik, kaleng tusing nyidang berek”.Putu     : “ ooo…………., keto? Mara tiang nawang”

Simak lebih lanjut

⚡️⚡️⚡️⚡️No Plagiat⚡️⚡️⚡️⚡️

10. 1. Tokoh utama pada cerita adalah ........... 2. Tokoh yang berperan sebagai antagonis adalah........ 3. Pada cerita rakyat yang berjudul ("Roro Jonggrang") tokoh utamanya adalah...... 4. Percakapan antara dua orang atau lebih dalam sebuah drama disebut...... 5.cerita rakyat yang berjudul ("asal mula selat Bali") termasuk jenis cerita fisik yang disebut Tolong jawab ya aku kasih jawaban tercerdas ya dan kasih bintang 5.0 Insya Allah saya kasih jawaban tercerdas kali.ini ya ^-^ Bahasa Indonesia (KD 3.9) Mohon para guru brainly jangan hapus pertanyaan saya, saya lagi belajar untuk habisin tema 8 Karena saya anak yatim piatu jangan di hapus ya plsss (TT)(TT)


Jawaban:

1.kweiya

2.adik adik kweiya

3.raja baka,roro jonggrang

4.dialog

5.legenda

Penjelasan:


11. minta tolong buatkan percakapan 5 orang menggunakan bahasa bali alus singgih dengan tema bebas. terima kasih :)


~ Mareraosan. ~
Bapa. : Wayan,made,komang mai ja malu !
Wayan. : Tiang pa wenten napi
Bapa. : Wireh jani suba nyumunin libur, lan bareng-bareng magarapan jumah.
Wayan ngopin bapa mersihin natah, muah ngresikin tanman.
Made ngajak Komang malajah ngoopin i Meme magarapan di paon.
Wayan , Made ,Komang : Nggih pa (makatelu manggutan , nyihnayang setuju.).
Bapa. : Wayan , sampatang lulune ! Bapa ngabas entikane ane ngalikaddin.
Wayan. : Bapa apang kenken natahe isinin entik-entikan sarwasari.
Bapa. : Apang natahe ngenah asri . Yen natahe asri ngeranaang iraga nau
jumah.Tusing kema mai ka tongos ane tusing patut.
Meme. : Made jan ke paon . Umbah piringe.Melahang ngumbah.
Made. : Nggih, me.Me tiang malajah nyakan,malebengan di paon .
Meme. : Ento tuah beneh papineh madene , Di sekolah Made suba malajahin
ilmu pengetahuan magenepan . Ento bakal anggon bekel, kamulan
ngalih pangupa jiwa . Anak luh masi ngelah gaginan malebengan ,
majejahitan ngae canang tur matanding. Gaginane ene patut masi
plajahin. Buin pidan apang Made bisa urati teken gae , bisa mapisaga,
muah bisa manyama braya.
Semoga terbantu ya,kalo ada yg salah maaf ya Hehehehehehehehehe!!!!!

12. Contoh percakapan bahasa bali yang lucu dengan 5 orang anggota


aku dah ketemu tp kebanyakan

13. 1. Tokoh utama pada cerita adalah ........... 2. Tokoh yang berperan sebagai antagonis adalah........ 3. Pada cerita rakyat yang berjudul ("Roro Jonggrang") tokoh utamanya adalah...... 4. Percakapan antara dua orang atau lebih dalam sebuah drama disebut...... 5.cerita rakyat yang berjudul ("asal mula selat Bali") termasuk jenis cerita fisik yang disebut Tolong jawab ya aku kasih jawaban tercerdas ya dan kasih bintang 5.0 Insya Allah saya kasih jawaban tercerdas kali.ini ya ^-^ Bahasa Indonesia (KD 3.9) Mohon para guru brainly jangan hapus pertanyaan saya, saya lagi belajar untuk habisin tema 8 Karena saya anak yatim piatu jangan di hapus ya plsss (TT)(TT)


1.Tokoh utama adalah tokoh yang ditonjolkan dalam cerita. Tokoh utama merupakan salah satu dari unsur instrinsik yang terdapat pada sebuah cerita pendek. Tokoh utama biasanya memiliki watak yang baik atau disebut juga dengan protagonis.

2.Tokoh antagonis adalah sosok yang berperan menentang dan memiliki jalan pikiran berbeda dengan tokoh protagonis.

3.Tokoh utama dalam cerita tersebut adalah Roro Jongrang dan Bandung Bondowoso. Hal ini terlihat dari Roro Jongrang dan Bandung Bondowoso yang menjadi fokus pembicaraan dalam cerita tersebut. Tokoh tambahan dalam cerita tersebut adalah Ayah Roro Jongrang dan pasukan jin.

4.Dialog terjadi karena percakapan antara dua tokoh atau lebih yang terdapat dalam drama.

5.di sebut dengan cerita legenda

semoga membantu

maaf kalo salah :)

Jawaban:

1. Tokoh utama adalah tokoh yang memiliki peran penting dalam sebuah cerita. Tokoh utama merupakan salah satu dari unsur instrinsik yang terdapat pada sebuah cerita pendek. Tokoh utama biasanya memiliki watak yang baik atau disebut juga dengan protagonis.

2. Tokoh antagonis adalah sosok yang berperan menentang dan memiliki jalan pikiran berbeda dengan tokoh protagonis.

3. Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso

4. Dialog terjadi karena percakapan antara dua tokoh atau lebih yang terdapat dalam drama.

5. Legenda


14. #Tema 6 LKS IV halaman 23-24 Romawi A&B•IPS KD 4.21. Bahasa daerah yang ada di Pulau Jawa adalah..a. Bali, Sasak, Abui, dan Adangb. Alune, Amahai, Ambelau, dan Aputaic. Sunda, Betawi, Kawi, dan Tenggerd. Kayagar, Kimaan, Kendat, dan Inanwantan•IPS KD 3.22. Alasan utama kepunahan bahasa daerah di Indonesia adalah..a. Urbanisasib. Perkawinan antanetrisc. Tidak ada lagi orang yang menggunakannya dalam percakapand. Penggunaan bahasa tertentu dalam pendidikan•BAHASA INDONESIA KD 3.73. Sesuatu yang ingin disampaikan dari sebuah bacaan adalah..a. Informasib. Perintahc. Beritad. Larangan•PPKN KD 3.44. Bahasa yang digunakan masing² daerah dinamakan..a. Bahasa gaulb. Bahasa daerahc. Bahasa isyaratd. Bahasa Nasional5. Bahasa daerah harus kita lestarikan agar..a. Tidak punahb. Dapat dihafalkanc. Tidak diambil negara laind. Menjadi bahasa internasional•IPS KD 3.21. Faktor apa yang paling berpengaruh terhadap kemajemukan bahasa di Indonesia?2. Sebutkan 5 bahasa daerah beserta asal daerahnya!•BAHASA INDONESIA KD 3.73. [tex]bacalah \: teks \: berikut \: untuk \: menjawab \: pertanyaan \: nomor \: 3 \: dan \: 4[/tex] "Keragaman bahasa daerah di Indonesia harus kita syukuri. Kita harus menjaga & melestarikan bahasa daerah. Berbagai cara dapat kita lakukan untuk melestarikan bahasa daerah, antara lain menggunakan bahasa daerah dalam kehidupan sehari² & mempelajari secara lebih mendalam." Jelaskan pokok pikiran pada teks diatas!4. Informasi apa yang kamu dapatkan dari teks diatas?•PPKN KD 3.45. Sebutkan usaha melestarikan keragaman bahasa daerah!​


Jawaban:

1. c. Sunda, Betawi, Kawi, dan Tengger

2. d. Penggunaan bahasa tertentu dalam pendidikan

3. a. Informasi

4. b. Bahasa daerah

5. a. Tidak punah

1. keberagaman suku bangsa, karena setiap suku bangsa pasti mempunyai bahasadaerah masing masing.

2. -Suku Minang=Sumatera Barat

-Suku Batak=Sumatera Utara

-Suku Osing=Sumatera Selatan

-Suku Jawa=Jawa Tengah

-Suku Dayak=Kalimantan Barat

3. Keragaman bahasa daerah di Indonesia

5. Dengan cara menggunakan bahasa daerah dalam kehidupan sehari² & mempelajari secara lebih mendalam

Penjelasan:

ilInformasi adalah pemberitahuan atau kabar berita yang disampaikan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Semoga membantu


15. أحمد Assalamu’alaikum وعليكم السّلام إبراهيم Wa’alaikumsalam كيفَ حالُك أحمد Apa kabar? بخير والحمد لله إبراهيم Baik, Alhamdulillah ما إسمك؟ أحمد Siapa namamu? إسمي إبراهيم، وأنت؟ إبراهيم Nama saya Ibrahim, kamu? أنا أحمد، على فكرة درسنا في هذه المدرسة ثانية الدور، فحان وقت عطلة المدرسة الطويلة تقريبا، أين ستقضي العطلة يا إبراهيم؟ أحمد Saya Ahmad, ngomong-ngomong kita telah belajar di sekolah ini selama 2 semester, sebentar lagi akan tiba waktu libur panjang sekolah, kemana kamu akan menghabiskan liburan wahai Ibrahim? أُخَطِّطُ مع أسرتي لقضاء العطلة إلى شاطئ البحر فَاعَنْدَارَانْ جَاوَى الغَرْبِيَّةِ. وكيف بك، أين ستقضي العطلة؟ إبراهيم Saya berencana menghabiskan liburan ke Pantai Pangandaran Jawa Barat bersama keluarga. Bagaimana denganmu, kemana kamu akan pergi berlibur? فأما أنا أُخَطِّطُ مع أسرتي لقضاء العطلة إلى جزيرة بالي. متى ستذهب إلى فَاعَنْدَارَانْ؟ أحمد Kalau saya berencana menghabiskan liburan ke Pulau Bali bersama keluarga. Kapan kamu akan berangkat ke Pangandaran? أذهب إليه يوم اْلأَرْبِعَاء، أربعة أيام بعد يوم العطلة. وكيف بك، متى ستذهب إلى بالي؟ إبراهيم Saya akan berangkat ke sana pada hari rabu, 4 hari sesudah hari libur. Bagaimana denganmu, kapan kamu akan berangkat ke Bali? فأما أنا أذهب إليها يوم الإِثْنَيْن، يومين بعد يوم العطلة. كم طويلا لتصل إلى فَاعَنْدَارَانْ من بيتك، وما تركب إليه؟ أحمد Kalau saya akan berangkat ke sana pada hari senin, 2 hari sesudah hari libur. Berapa lama agar bisa sampai ke Pangandaran dari rumahmu, dan kamu akan mengendarai apa? أستغرك إلى فَاعَنْدَارَانْ من بيتي في بندونج حولي خمسة ساعة بالسيارة. فكيف بك، كم طويلا لتصل إلى بالي من بيتك، وما تركب إليه؟ إبراهيم Untuk sampai ke Pangandaran kira-kira menghabiskan 5 jam dari rumahku di Bandung dengan mobil. Bagaimana denganmu, berapa lama agar bisa sampai ke Bali dari rumahmu, dan kamu akan mengendarai apa? أستغرك إلى جزيرة بالي من بيتي في بندونج حولي ساعتين بالطَّائِرَة. كم طويلا ستسكن في فَاعَنْدَارَانْ؟ أحمد Untuk sampai ke Bali kira-kira menghabiskan 2 jam dari rumahku di Bandung dengan pesawat. Berapa lama kamu akan tinggal di Pangandaran? أسكن فيه ثلاث أيام. وكيف بك كم طويلا ستسكن في بالي؟ إبراهيم Aku akan tinggal disana selama 3 hari. Bagaimana denganmu, berapa lama kamu akan tinggal di Bali? أسكن فيه أربعة أيام أحمد Aku akan tinggal disana selama 4 hari أنا مَسْرُوْرٌ بمُقَاسَمَتِنَا عن عطلة مدرستنا إبراهيم Saya amat senang kita telah sharing tentang liburan sekolah kita وأنا كذلك، إلى اللقاء يا إبراهيم أحمد Saya pun demikian, sampai jumpa lagi Ibrahim مع السّلامة إبراهيــــم Sampai jumpa Tolong itu nama percakapan orangnya diubah menjadi nama Rafiif dan Rafa Dan bahasa arabnya juga diubah Nanti aku kasih jawaban tercerdas & foloww trm kasih​


Jawaban:

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته كيف حالك؟ طيب الحمد لله ما اسمك؟ اسمي هو رافا الخاص بك؟ أنا رفيف ، بالمناسبة درسنا في هذه المدرسة لفصلين دراسيين ، قريبًا سيحين وقت إجازة مدرسية طويلة ، أين ستقضي عطلتك يا رافا؟ أخطط لقضاء إجازتي في شاطئ بانجانداران بجاوة الغربية مع عائلتي. ماذا عنك ، إلى أين أنت ذاهب في الإجازة؟ إذا كنت أخطط لقضاء إجازتي في جزيرة بالي مع عائلتي. متى ستذهب إلى بانجانداران؟ سأذهب إلى هناك يوم الأربعاء ، بعد 4 أيام من العطلة. ماذا عنك ، متى ستغادر إلى بالي؟ إذا كنت سأذهب إلى هناك يوم الاثنين ، بعد يومين من العطلة. كم من الوقت سيستغرق الوصول إلى Pangandaran من منزلك ، وماذا ستقود؟ يستغرق الوصول إلى Pangandaran من منزلي في Bandung بالسيارة حوالي 5 ساعات. ماذا عنك ، كم من الوقت يستغرق الوصول إلى بالي من منزلك ، وماذا ستقود؟

يستغرق الوصول إلى بالي حوالي ساعتين من منزلي في باندونغ بالطائرة. كم من الوقت ستبقى في بانجانداران؟ سأبقى هناك لمدة 3 أيام. ماذا عنك وكم ستبقى في بالي سأبقى هناك 4 أيام

أنا سعيد جدًا لأننا شاركنا إجازاتنا المدرسية

أنا أيضًا ، أراك مجددًا يا رافا

Penjelasan:

ini jawaban saya

jawaban tercerdas plisss


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Percakapan Bahasa Bali 5 Orang"